Bahaya Radiasi HP dan Cara Meminimalisirnya

Saat ini HP telah menjadi barang yang wajib dimiliki orang-orang. Bahkan tak bisa dipungkiri bahwa tiap orang bisa memiliki HP lebih dari satu. Banyaknya fitur yang disediakan oleh Handphone masa kini membuat banyak orang lebih banyak menghabiskan waktu bersama HPnya ketimbang bersosialisasi secara langsung. Namun tak sedikit pula yang menyadari akan bahaya radiasi HP. Yah, telah menjadi rahasia umum bahwa tiap perangkat elektronik yang membutuhkan sinyal akan memancarkan radiasi yang bisa saja menimbulkan efek buruk pada kesehatan penggunanya.

Hingga saat ini, bahaya radiasi HP bagi kesehatan masih menjadi kontroversi. Berbagai studi telah dilaksanakan di berbagai negara dalam 60 tahun terakhir ini untuk mencari tahu pengaruh radiasi yang dipancarkan oleh HP terhadap kesehatan. Sebuah studi pernah dilakukan oleh University of Arizona. Dari penelitian tersebut dinyatakan bahwa HP dianggap bisa menyebabkan tumor otak. Hal ini disebabkan karena HP diyakini bisa mengantarkan gelombang elektromagnetik. Namun sayangnya hingga saat ini belum ada bukti yang menguatkan pernyataan tersebut.

Bahkan sebuah penelitian terbaru menyebutkan bahwa HP yang digunakan sehari-hari memiliki radiasi yang cukup mematikan jika kita tidak bijak dalam menggunakannya. Oleh karena itu, kita harus bijak dalam menggunakan HP untuk meminimalisir bahaya yang ditimbulkan dari radiasi HP yang terpancar.

Gelombang Elektromagnetik pada HP

Gelombang elektromagnetik merupakan gelombang yang muncul / terbentuk dari usikan antara medan magnetik dan medan listrik. Pada umumnya, sistem yang digunakan HP terbagi atas dua yaitu yang pertama adalah Global Sytem for Mobile Telecommunication atau yang biasa disebut GSM. Di mana GSM ini menggunakan frekuensi 800 MHz, 900 MHz dan 1800 MHz. Sedangkan yang kedua adalah  Code Division Multiple Acces atau yang lebih dikenal dengan CDMA. Yang mana CDMA ini menggunakan frekuensi 450 MHz, 800 MHz dan 1900 MHz.

Ketika berkomunikasi dengan menggunakan HP, maka HP tersebut mengeluarkan gelombang elektromagnetik, sehingga radiasi yang keluar dari emiter HP akan berdampak pada tubuh manusia, khususnya pada bagian kepala sekitaran telinga.

Kekuatan Radiasi HP

Badan Federal Communication Comission atau yang biasa disingkat dengan FCC Amerika telah menguji tingkat radiasi yang dipancarkan oleh beberapa HP. Kekuatan radiasi HP yang diterima oleh otak atau yang dinamakan SAR (Specific Absorption Rate) telah diukur dalam satuan watt/kg. Nilai Specific Absorption Rate (watt/kg) sendiri diartikan sebagai batas selamat jumlah maksimal pada radiasi gelombang elektromagnetik (watt) dari HP. Standar yang tergolong  sementara ini diikuti di Eropa yang mana memiliki nilai SAR< 1,6. Oleh karena itu, FCC menetapkan bahwa semua ponsel yang memancarkan radiasi di atas 1.6 watt/kg maka dilarang untuk diproduksi (dilarang masuk di USA).

Pada dasarnya, semua HP yang beredar di pasaran masih bisa digolongkan aman karena masih berada pada tingkat SAR di bawah 1.6 watt/kg. Walau demikian, masih saja terdapat sebagian orang yang merasa pusing atau telinganya panas setelah menggunakan HP yang dikategorikan aman tersebut. Sehingga, yang betul-betul dikategorikan aman atau bukan sekadar aman saja adalah yang berada pada tingkat SAR dibawah 1 watt/kg.

Inilah Bahaya Radiasi HP yang Wajib Diketahui

1. Menurunnya Daya Ingat Seseorang

Sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Lund (Swedia) memperlihatkan bahwa radiasi yang dipancarkan oleh HP dapat mempengaruhi fungsi enzim dan protein. Penelitian ini dilakukan terhadap tikus percobaan dan menunjukkan adanya perubahan biokimia dalam darah tikus tersebut. Perubahan biokimia yang dimaksudkan adalah terjadinya perubahan protein albumin yang berfungsi memasok aliran darah ke otak.

Peneliti yang meneliti masalah dampak penggunaan HP terhadap kesehatan tersebut yaitu Professor Leif Salford mengatakan bahwa gelombang mikro yang keluar dari HP dapat memicu munculnya penyakit Alzheimer atau kepikunan lebih dini dari usia semestinya. Alzheimer sendiri merupakan sebuah penyakit yang menyebabkan penurunan kemampuan berfikir serta kemampuan mengingat-ingat atau memori seseorang. Sehingga gejala penyakit ini sangat mirip dengan daya ingat orang tua yang telah pikun.

Walaupun penggunaan HP bukanlah penyebab utama dari penyakit Alzheimer, namun menurut Profesor Leif Salford, akibat yang mungkin saja ditimbulkan oleh radiasi elektromagnetik dari HP tidak boleh disepelekan begitu saja. Namun harus diteliti secara cermat mengenai segala kemungkinan yang dapat ditimbulkan oleh pemakaian HP itu sendiri.

2. Memanaskan Kulit dan Otak

Dalam beberapa menit terpapar radiasi ponsel maka dapat mengubah 5% sel kanker aktif menjadi 95% sel kanker aktif (selama periode paparan dan beberapa saat setelah paparan tersebut). Sebuah kajian di Inggris memberikan pernyataan bahwa HP dapat memberi sensasi panas pada otak bahkan mengganggu kinerja fungsi otak itu sendiri. Yang mana tingkat paparan gelombang radiasi dari HP itu sendiri yang ditempelkan dekat dengan telinga atau pada bagian tubuh tertentu dapat lebih besar dari pada tingkat paparan stasiun ponsel pada seluruh tubuh.

Sebuah Studi di Swedia juga menunjukan bahwa peningkatan rasa atau sensasi panas pada telinga, muka, dan bagian kepala dari pengguna ponsel meningkat sebesar 48 kali.

Sumber: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/

3. Beresiko Terkena Kanker

Di Swedia pada tahun 2006, dilaporkan bahwa pengguna HP berisiko 240% lebih besar terkena kanker otak, tepatnya pada bagian kepala yang berdekatan dengan telinga yang sangat sering digunakan untuk telponan.

Sebuah penelitian di Australia juga menunjukan bahwa tikus pecobaan yang terkena radiasi HP selama 18 bulan berturut-turut memiliki tingkat risiko dua kali lebih besar terkena kanker. Penelitian di Rusia mengemukakan bahwa penggunaan HP yang lama dapat meningkatkan suhu di permukaan kulit hingga mencapai 4,7oC. Yang mana hal ini dapat mengarah ke timbulnya kanker kulit.

Selain itu, di Inggris ditemukan seorang pengguna HP yang meninggal akibat tubuhnya dipenuhi sel-sel kanker pada permukaan kulitnya yang sering bersentuhan dengan HP.

4. Kerusakan Sistem Pertahanan Tubuh dan DNA

Beberapa penelitian yang telah ada menunjukan bahwa radiasi HP menyebabkan kerusakan DNA pada sel dalam tubuh. Sebuah penelitian di Inggris mengemukakan bahwa radiasi dari frekuensi radio yang lemah sejenis dengan pancaran radiasi HP yang dapat melemahkan sistem pertahanan pada tubuh yang mana sistem pertahanan tubuh ini bertugas melawan infeksi dan penyakit yang muncul.

5. Berpotensi Bayi Cacat

Penelitian di USA mengemukakan bahwa radiasi HP juga dikaitkan dengan bahaya terhadap ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Sebuah studi juga menunjukan bahwa radiasi HP menyebabkan cacat pada embrio ayam.

6. Sakit Kepala dan Pusing

Salah satu efek yang paling sering terjadi dari bahaya radiasi HP adalah sakit kepala. Hal ini sangat wajar terjadi karena karena setiap menerima telepon, HP berada di dekat kepala. Pada umumnya, keluhan yang akan muncul dari seseorang yang terlalu sering telponan adalah mulai dari sakit kepala hingga vertigo. Ini terjadi akibat radiasi yang dipancarkan oleh HP seseorang.

7. Kehilangan Konsentrasi

Tak sedikit orang yang akan tertidur bersama HPnya. Hal ini mungkin dikarenakan seseorang ketiduran saat sedang memainkan HPnya. Atau ada juga yang sengaja meletakkan HPnya di bawah bantal atau bahkan di samping bantalnya. Ini dikarenakan kemudahan dalam menjangkau HP ketika baru bangun tidur. Padahal sebenarnya mendekatkan HP saat tidur adalah kebiasaan yang tidak bagus bahkan mengganggu kesehatan tubuh.

Kebiasaan meletakkan HP di bawah bantal atau meletakkan di samping kepala adalah kebiasaan yang tidak baik yang bisa membahayakan diri. Mengapa demikian? Karena HP mengeluarkan radiasi elektromagnetik yang tentunya bisa mempengaruhi kualitas tidur seseorang.

Efek yang ditimbulkan dari radiasi HP ini akan mempengaruhi kualitas tidur seseorang yang bisa menyebabkan aliran darah yang diarahkan ke otot-otot tidak semaksimal biasanya. Lalu apa yang akan terjadi bila aliran darah terganggu? Tentunya ini akan mempengaruhi keseharian seseorang keesokan harinya. Bisa saja di pagi hari seseorang akan mengalami gangguan konsentrasi serta kehilangan fokus.

8. Mempengaruhi Sistem Reproduksi

Selain beberapa efek yang ditimbulkan oleh radiasi HP diatas, ternyata radiasi HP juga mempengaruhi sistem reproduksi terutama pada kandungan hormon testosteron serta jumlah keturunan yang akan dihasilkan.

Sebuah penelitian pernah dilakukan oleh para ilmuwan di Cleveland, Mumbai serta New Orleans. Hasil penelitian ini menemukan bahwa semakin banyak waktu penggunaan HP setiap harinya, maka jumlah sperma akan semakin menurun.

Selain itu, bahaya radiasi HP terhadap organ reproduksi pria dapat menimbulkan bahaya kesehatan salah satu diantaranya adalah menyebabkan kemandulan. Yah, efek dari radiasi HP ini Seringkali terjadi pada pria. Mengapa demikian? Ini dikarenakan testis lebih sensitif dari pada ovum. Radiasi HP akan merusak sel-sel sperma. Bila telah demikian, maka sperma akan rusak dan tidak dapat membuahi ovum. Bila dibiarkan terus-menerus mengenai tubuh, maka akan menyebabkan terjadinya kemandulan bagi pria. Tentunya penyebab utamanya adalah apabila menggunakan HP terlalu lama, maka HP pastinya akan panas. Dan panas tersebut merupakan radiasi 7.

Tips Bijak Menggunakan HP

1. Batasi Diri dalam Penggunaan HP

Tak bisa dipungkiri, menggunakan HP adalah sebuah keharusan bagi banyak orang. Selain bisa mendekatkan yang jauh karena komunikasi yang difasilitasi oleh Hp, ternyata HP juga bisa memberi hiburan tersendiri bagi penggunanya. Hiburan itu dapat berupa berselancar di dunia maya, menonton video atau film, hingga bermain game.

Namun sering kali, kebanyakan orang justru lebih banyak menghabiskan waktunya dalam sehari hanya dengan bermain HP tanpa memperhatikan dunia di sekelilingnya. Harus disadari bahwa penggunaan HP juga harus seimbang dengan sosialisasi di dunia yata. Dan ini adalah kesadaran yang muncul dari pemikiran diri sendiri.

Tak ada yang bisa mengubah seseorang kecuali dirinya sendiri. Termasuk dalam hal penggunaan HP ini. Seseorang tentunya harus lebih bijak dalam menggunakan HP yaitu dengan membatasi diri dalam menggunakan HP. Ini bisa dimulai dengan mematok berapa jam dalam sehari dalam seseorang bisa menggunakan HP. Selain bisa melatih diri agar lebih disiplin dan konsisten, dengan membatasi diri dalam menggunakan HP juga bisa meminimalisir bahaya yang bisa ditimbulkan dari bahaya radiasi yang ditimbulkan oleh HP.

2. Sebisa Mungkin Hindari Berlama-Lama Bersentuhan Dengan HP

Seperti yang telah dipaparkan di atas mengenai bahaya-bahaya yang mungkin saja ditimbulkan dari radiasi yang dipancarkan HP, maka ada baiknya jika seseorang sebisa mungkin tidak berlama-lama bersentuhan langsung dengan HP. Maksudnya di sini, hindari menyimpan HP dekat dengan kepala jika tidur serta hindari menyimpan HP di kantong celana maupun di saku baju. Ini untuk menghindari dampak buruk yang bisa saja ditimbulkan dari radiasi HP.

Lebih amannya jika hendak tidur, sebaiknya jauhkan HP dari kepala. Sebaiknya letakkan HP di atas meja. Atau bila ingin berdekatan dengan HP saat tidur karena takut tidak mendengar alarm pagi, maka sebaiknya nyalakan mode pesawat yang ada pada HP agar HP tidak terus mencari sinyal yang akan memancarkan radiasi.

3. Jangan Bermain HP Ketika Waktu Tidur Tiba

Di poin satu sudah dijelaskan untuk membatasi diri dalam bermain HP. Maka ada baiknya, jika jam tidur tiba sebaiknya HP di simpan atau dimatikan. Mengapa? Ini untuk mencegah terjadinya gangguan tidur seperti insomnia.

Seseorang dapat mengalami insomnia diakibatkan karena terus memegang HP padahal sudah larut malam. Ketika jam tidur seseorang telah lewat, maka akan sangat sulit baginya untuk menemukan fase ngantuk. Maksudnya di sini, ketika jam tidur seseorang adalah jam 10 malam, namun karena ketika jam telah menunjukkan jam 10 malam dan orang tersebut masih saja bermain HP, maka tidak ada lagi rasa ngantuk yang muncul. Dengan demikian, orang tersebut akan mengalami insomnia.

Oleh karena itu, bila jam tidur telah dekat, maka simpan HP. Kalau bisa, nonaktifkan HP agar tidak mengganggu kenyamanan tidur. Dan jangan lupa untuk meletakkan HP jauh dari kepala.

3. Nikmati Kebersamaan Dengan Rekan dan Keluarga Tanpa Memegang HP

Bijaklah dalam menggunakan HP, termasuk ketika harus berkumpul bersama keluarga, teman, ataupun ketika ingin me time. Sebisa mungkin tahan diri untuk tidak memegang HP ketika harus berkumpul bersama keluarga ataupun sedang nongkrong bersama teman. Nikmati momen tersebut tanpa harus ngutak-atik HP. Selain karena bisa mengganggu kualitas ngumpul bareng keluarga maupun teman, dengan bermain HP juga akan memperlihatkan sisi keegoisan dan sangat tidak bagus dipandang.

Apabila ingin me time dengan memanjakan diri dengan menonton, baca buku, ataupun hal lain yang bisa menyenangkan diri, maka tinggalkan HP sejenak. Mengapa? Karena ketika hendak me time dan masih saja memegang HP, maka itu akan mengganggu kesenangan dirimu.

Pokoknya nikmati momen yang sedang dijalani tanpa harus memegang HP. Tahan diri untuk tidak bermain HP saat harus berkumpul bersama keluarga maupun nongkrong bareng teman.

Baca juga : Bahaya Radiasi Pada Bayi

4. Sadari Bahwa Terdapat Bahaya yang Ditimbulkan oleh HP itu Sendiri

Ini yang paling penting. Kamu harus ingat bahwa segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, termasuk dalam memainkan HP. Mengapa? Karena terlalu lama bermain HP dapat membahayakan kesehatan. Radiasi yang dipancarkan oleh HP yang digununakan bisa menimbulkan banyak efek yang biasanya tidak disadari dan belum dirasakan pada masa kini.

Selalu ingat bahwa terdapat bahaya radiasi HP yang bisa membahayakan kesehatan. Mungkin memang saat ini belum terasa. Tapi bagaimana dengan nanti? Bisa saja keluhan-keluahan itu akan muncul beberapa tahun ke depan. Apalagi dengan kesehatan otak. Biasakan ketika menerima telepon, gunakan headset agar radiasi yang dipancarkan Hp tidak terlalu dekat dengan kepala. Cara ini bisa meminimalisir bahaya radiasi HP yang ditimbulkan pada otak dan telinga.

Selain itu, dengan sering mengingat bahwa ada bahaya yang bisa ditimbulkan dari radiasi HP, maka akan bisa membuat kita jadi lebih bijak dalam menggunakan HP. Dan yang paling penting, awasi anak jika menggunakan HP. Karena anak-anak atau remaja lebih rentan terkena bahaya-bahaya yang ditimbulkan oleh HP ini dibanding dengan orang dewasa. Mengapa? Sebagai contoh, struktur otak kepala anak-anak belum sesempurna orang dewasa. Oleh karena itu, anak-anak jauh lebih rentan terpapar bahaya yang ditimbulkan oleh radiasi HP itu sendiri.

Cara Meminimalisir Bahaya Radiasi HP

1. Jauhkan Letak HP dari Kepala Saat sedang Tidur atau Berbaring

Saat sedang berbaring atau hendak tidur, sebaiknya letakkan HP jauh dari kepala. Yah, meletakkan HP jauh dari kepala bisa lebih aman. Mengapa? Karena walaupun HP tidak sedang digunakan, namun HP tersebut terus mencari sinyal, dan ini bisa memicu terpancarnya radiasi dari HP itu sendiri.

Lebih amannya lagi, ketika tidak ingin berjauhan dari HP walau sedang tidur, maka sebaiknya nonaktifkan HP  saat tidur. Atau jika tidak ingin mematikan HP, maka alternatif lain adalah mengaktifkan mode pesawat yang ada pada HP. Intinya jauhkan HP dari kepala saat sedang tidur agar tidak mengganggu kesehatan otak.

2. Aktifkan Mode Pesawat pada HP

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya bahwa agar lebih aman, nyalakan mode pesawat pada HP jika tidak sedang membutuhkan kegiatan online pada HP. Ini untuk mengurangi dampak negatif yang diakibatkan dari radiasi HP. Ketika hendak memutar video, menonton film, ataupun mendengarkan musik, lebih amannya jika dilakukan secara offline dan menyalakan mode pesawat yang ada pada HP. Maksudnya, tidak dalam keadaan online atau streaming.

Dengan mengaktifkan mode pesawat, maka HP tidak akan sibuk mencari dan menerima sinyal. Jadi, ketika menonton video, film, maupun mendengarkan lagu secara offline maka HP sudah tidak membutuhkan sinyal. Dan untuk lebih meminimalisir, sebaiknya aktifkan mode pesawat yang ada pada HP.

3. Jangan Gunakan HP saat Berkendaraan

Ketika berkendaraan, tentunya ada pergerakan yang cepat. Oleh karena itu sebaiknya jangan menggunakan HP saat berkendaraan. Mengapa? Karena ketika berkendaraan apalagi dengan keadaan yang cepat, maka membuat HP menangkap sinyal dari tower satu ke tower lain yang dilewatinya. Dan ini membuat HP memancarkan radiasi RF lebih banyak dari biasanya. Oleh karena itu, hindari menggunakan HP saat berkendaraan. Apalagi ini bisa membahayakan diri dan orang lai ketika menggunakan HP saat berkendaraan.

4. Hentikan Penggunaan HP saat Sinyal Sedang Lemah

Maksud dari sinyal sedang lemah di sini ditandai dengan indikator sinyal pada HP yang hanya satu bar atau bahkan tidak ada. Nah ketika dalam keadaan seperti ini, sebaiknya hentikan penggunaan ponsel, jangan dipaksakan. Karena ketika seinyal HP sedang lemah, maka radiasi RF yang dipancarkan HP lebih besar dari biasanya.

Sebaiknya matikan HP ketika sinyal sedang lemah. Selain untuk meminimalisir dampak buruk yang akan ditimbulkan dari pancaran radiasi HP, dengan mematikan HP yang dalam keadaan sinyal lemah juga bisa mengirit baterai HP Kamu. Ingat, jangan dipaksakan. Karena semakin lemah sinyal HP, maka sinyal akan memancarkan radiasi RF yang lebih besar. Atau dengan kata lain, ketika sinyal HP lemah, maka HP akan terus berusaha mencari sinyal dengan mengeluarkan radiasi yang lebih besar dari biasanya.

5. Sebaiknya Jangan Mengantongi HP

Seperti yang dikatakan sebelum-sebelumnya bahwa radiasi yang dipancarkan HP sangat berbahaya untuk kesehatan. Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari mengantongi ponsel yang bisa sangat dekat dengan tubuh. Alangkah lebih baik jika HP disimpan di tas, atau wadah lainnya. Hindari menyimpan HP di saku celana maupun baju. Ini dikarenakan, walaupun HP tidak digunakan namun HP tersebut terus mencari sinyal dengan memancarkan radiasi RF untuk menangkap sinyal.

6. Gunakan Headset Ketika Menelpon Atau Mendengarkan Musik

Selanjutnya untuk meminimalisir dampak buruk yang ditimbulkan oleh radiasi HP adalah dengan menggunakan headset ketika sedang menelpon atau mendengarkan musik. Dan yang terpenting, gunakan headset yang menggunakan kabel. Tentunya ini lebih aman karena letak HP ketika menggunakan headset adalah jauh dari kepala. Sehingga radiasi yang dipancarkan oleh HP juga jauh dari tubuh.

Apalagi ketika sedang melakukan panggilan atau ketika sedang menelpon, maka radiasi RF dari HP dipancarkan lebih besar karena HP terus mencari sinyal. Dengan menggunakan headset, makan bisa meminimalisir kerusakan pada jaringan otak yang disebabkan oleh bahaya radiasi HP.

Menggunakan headset ketika berada dalam panggilan telepon atau sedang mendengarkan musik memang lebih aman. Namun hindari sering-sering menggunakan headset bluetooth. Karena dengan menggunkan headset bluetooth maka radiasi yang dipancarkan oleh headset juga bisa membahayakan otak dan telinga karena terus mencari sinyal agar bisa terus terhubung dengan HP. Oleh karena itu, langsung lepaskan headset bluetooth ketika benar-benar tidak digunakan untuk meminimalisir terpapar radiasi dari headset bluetooth tersebut.

7. Sebisa Mungkin Berkomunikasilah Lewat Teks

Ini juga adalah salah satu solusi terbaik untuk meminimalisir dampak buruk yang ditimbulkan oleh radiasi HP. Dengan berkomunikasi via teks atau tanpa menelpon, maka ponsel bisa berada lebih jauh dari tubuh. Dan ini lebih aman untuk kesehatan. Selain itu, berkomunikasi via teks juga bisa melatih otot-otot jari dan ini lebih menyehatkan.

8. Gunakan Pelindung (Anti Radiasi)

Salah satu cara untuk meminimalisir dampak buruk yang dipaparkan oleh radiasi HP adalah dengan menggunakan pelindung. Pelindung ini bisa berupa benda yang bisa menyerap radiasi yang dipancarkan dari HP, misalnya dengan menggunakan stiker anti radiasi.

Sudah menjadi rahasia umum jika stiker anti radiasi menjadi pilihan banyak orang untuk menangkal bahaya yang ditimbulkan dari radiasi HP. Stiker anti radiasi ini pada intinya menyerap radiasi elektromagnetik. Stiker anti radiasi yang banyak digunakan orang adalah Stiker Quantum Shield.

Stiker Quantum Shield sendiri dibuat dengan teknologi nano yang akan menghasilkan 1500 sampai 2000 ion negatif. Ion negatif sendiri sangat berguna untuk menyerap radiasi elektromagnetik (EMR) dan frekuensi elektromagnetik (EMF) yang biasanya dihasilkan oleh perangkat elektonik seperti HP, Laptop, komputer, dll.

Stiker anti sradiasi ini penggunaannya cukup simple. Hanya ditempelkan di bagian belakang HP, dan biarkan dia bekerja sesuai fungsinya yaitu menyerap radiasi yang dipancarkan oleh HP. Selain itu, tampilan stiker anti radiasi ini juga sangat keren dan tidak mengganggu penglihatan karena bentuknya yang bulat dan tidak terlalu besar menambah kesan elegan pada HP. Dengan menggunakan stiker anti radiasi Kamu tak perlu takut akan bahaya-bahaya yang ditimbulkan dari radiasi HP karena akan diserap oleh stiker anti radiasi tersebut.

Stiker anti radiasi Stiker Quantum Shield bisa didapatkan di sini.

Nurlailah Yahya

Personal Blog: www.ilayahya.com || Instagram: @ilayahya_ || Facebook : Ila Yahya || Youtube: ILA YAHYA || Twitter: @ilayahya_

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Ya, Chat Sekarang
Chat dengan CS
Halo, Mau Chat dengan CS?