4 Bahaya Radiasi Hp Pada Anak Yang Orang Tua Wajib Ketahui

Saat ini Hp telah menjadi barang wajib yang harus dimiliki tiap orang. Selain untuk menelpon dan berkirim pesan, Hp juga memberikan banyak fitur yang bisa membunuh rasa bosan seseorang apalagi bagi mereka yang sedang menunggu sesuatu. Namun ternyata Hp tidak hanya digunakan secara bijak oleh penggunanya. Bahkan ada yang menggunakan Hp di seluruh waktu yang dimilikinya. Selain digunakan oleh orang dewasa, ternyata Hp juga banyak digunakan oleh anak-anak. Dan pastinya terdapat bahaya radiasi Hp pada anak.

Tak bisa dipungkiri, terkadang orang tua memanjakan anaknya dengan memberikan Hp untuk kesenangan anak tanpa memikirkan bahaya yang bisa ditimbulkan dari Hp tersebut. Bahaya apa yang bisa ditimbulkan dari Hp? Tentunya Radiasi yang dipancarkan dari Hp tersebut. Seperti yang kita ketahui, Radiasi Hp bisa menimbulkan penyakit yang mungkin tidak disadari oleh penggunanya. Apalagi bila penggunanya tersebut adalah anak-anak. radiasi Hp bisa dihindari salah satunya dengan cara memasang Stiker Anti Radiasi, ketika stiker dipasangkan akan memblokir radiasi yang masuk ke tubuh.

Menurut dr. Gisela Mercada-Deane (ketua Radiologi di American Academy Pediatrics), “Struktur tubuh pada anak berbeda dengan yang dimiliki oleh orang dewasa. Anak-anak jauh lebih rentan terkena radiasi dari ponsel dan efeknya pun bisa sampai seumur hidup”. Hal ini disebabkan karena tengkorak anak lebih tipis dibanding orang dewasa sehingga lebih banyak menyerap radiasi. Ini seharusnya bisa lebih menyadarkan orang tua agar bisa lebih bijak dalam memberikan izin pada anak dalam bermain Hp.

Namun sayangnya informasi ini tidak diketahui secara menyeluruh oleh para orang tua. Sehingga yang terjadi, adanya sikap acuh tak acuh dari orang tua terhadap apapun yang dilakukan anak termasuk dalam bermain Hp. Dan hal yang lebih disayangkan lagi, anak-anak tidak mengetahui bahwa Hp yang mereka mainkan sepanjang hari bisa memberikan efek yang buruk bagi kesehatan mereka. Lalu seharusnya bagaimana? Tentunya orang tua-lah yang lebih memiliki peran penting dalam hal ini. Orang tua perlu mengawasi anak-anaknya dalam bermain Hp. Maksudnya mengawasi di sini adalah membatasi anak ketika memegang Hp dalam sehari agar radiasi yang dipancarkan oleh Hp tidak maksimal membahayakan seorang anak.

Para orang tua wajib mengetahui ini demi keselamatan anak. Sehingga orang tua bisa lebih bijak dalam memberikan Hp pada anak. Jangan baca sampai di sini, bacalah sampai tuntas. Karena berikut ini akan dipaparkan bahaya radiasi Hp pada anak.

Mengurangi Daya Ingat Anak

Sebenarnya yang membuat radiasi Hp berbahaya bagi penggunanya adalah ketika jarak antara pengguna dan ponsel sangat dekat. Kita ambil contoh ketika seseorang menelpon, kemudian meletakkan Hp tersebut di telinga kanannya, maka akan mempengaruhi langsung otak orang tersebut. Apalagi bila ini dilakukan oleh anak-anak. Tentunya jauh lebih besar resikonya.

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Environtmental Health Perspectives Swiss menunjukkan bahwa anak-anak memiliki skor ingatan figuran yang jauh lebih rendah setelah mengalami radiasi RF-EMR yang dipancarkann dari Hp mereka selama melakukan panggilan telpon. Yah, ini akan mengurangi daya ingat anak itu sendiri.

Tentunya ini menjadi ketakutan tersendiri bagi para orang tua ketika mengetahuinya. Lalu solusinya bagaimana? Sebaiknya gunakan Headset ketika melakukan panggilan telepon. Hindari kontak langsung antara telinga dan Hp ketika sedang melakukan panggilan telepon. Apalagi bila panggilan telepon tersebut dalam durasi yang lama, sebagiknya gunakan headset atau bisa juga di-loudspeaker.

Bisa Menyebabkan Tumor

Mungkin sebelumnya kalian pernah mendengar ini, bahwa radisi dari sebuah Hp bisa menyebabkan kanker, lebih tepatnya kanker di daerah otak dan telinga. Kabar ini bukan hoax, karena ini adalah hasil penelitian yang membahas efek radiasi yang ditimbulkan oleh ponsel. Untuk orang dewasa saja ini sangat berbahaya. Apalagi bagi anak-anak, tentunya resikonya jauh lebih besar. Ini dikarenakan kondisi fisik seorang anak belum sempurna seperti fisik orang dewasa.

Seorang anak yang terus menggunakan Hp apalagi dengan jarak yang sangat dekat, baik itu sedang menelpon atau memaikan game dalam jangka waktu yang cukup lama diindikasikan tingkat terkenanya tumor ganas di daerah telinga maupun otak jauh lebih besar.

Mengapa bisa demikian? Karena jaringan, tulang dan lapisan pelindung organ yang dimiliki anak-anak seperti otak masih sangat tipis. Dan pastinya, ini menyerap lebih dari 60% radiasi yang dipancarkan oleh Hp yang dimainkan anak tersebut. Namun radiasi tersebut dapat ditangkal jika menggunakan Stiker Anti Radiasi, Stiker akan menyerap radiasi sehingga pancaran radiasi tidak sampai ke tubuh anak.

Tak hanya itu, Organisasi Kesehatan Dunia mengemukakan bahwa penggunaan Hp yang terlalu sering pada anak-anak juga mempengaruhi sistem saraf anak. Dan kondisi ini memiliki potensi yang besar dalam munculnya kanker dan penggunaan Stiker Anti Radiasi adalah salah satu solusinya.

Mengganggu Waktu Tidur Anak

Pancaran Radiasi

Anak-anak yang terlalu sering menggunakan Hp apalagi di malam hari bisa mengganggu siklus tidur dari anak tersebut. Ini akan membuat seorang anak jadi susah tidur di malam hari. Terkait hal ini, seorang profesor asal Universitas Monash, Shantha Rajaratnam pernah melakukan penelitian. Dan hasil penelitian tersebut mengungkapka bahwa cahaya layar yang menyala dari sebuah Hp dapat mengganggu siklus tidur seseorang. Semakin dekat cahaya tersebut dengan muka, maka makin sulit seseorang untuk bisa tertidur. Apalagi untuk anak-anak, tentunya ini sangat tidak bagus untuk kesehatan mereka.

Lalu solusinya bagaimana? Orang tua harus tegas. Bila malam tiba, orang tua harus mengambil Hp anaknya agar tidak dimainkan hingga larut malam. Cara ini juga bisa melatih kedisiplinan seorang anak. Anak akan terbiasa berhenti memainkan Hp bila jam tidurnya telah datang. Jadi di sini peran orang tua sangatlah penting dalam mengatur penggunaan Hp sang anak.

Merusak Penglihatan Anak

Kerusakan Mata Anak Akibat Radiasi

Bahaya dari penggunaan Hp secara berlebihan yang paling disadari oleh banyak orang adalah masalah penglihatan. Pernah melihat seseorang yang masih tergolong anak-anak tapi sudah memakai kacamata? Nah, salah satu penyebabnya adalah karena penggunaan Hp yang tidak secara bijak. Bahkan hal yang paling fatal dari sinar layar Hp yang dipandangi terlalu lama adalah kebutaan. Apakah kalian para orang tua tidak takut degan resiko ini?

Menurut beberapa peneliti, jika seseorang terkena sinar Hp terlalu lama apalagi di ruang yang dalam keadaan gelap gulita, maka bisa mengakibatkan kebutaan. Dampak ringannya adalah bisa menyebabkan minus, plus, maupun silinder. Apalagi bila mata terlalu sering melakukan kontak dengan suhu panas dari radiasi Hp maka bisa menyebabkan Katarak. Ini dikarenakan pemadatan kabut yang menghalangi kornea mata. Dan ini sangat rentan pada anak-anak. Resiko-resiko ini bisa dengan sangat cepat dialami oleh anak-anak yang terlalu sering terpapar radiasi Hp. Sekali lagi, di sinilah peran orang tua dalam penggunaan Hp oleh anak mereka. Seorang anak yang memainkan Hp harus di bawah pengawasan orang tua.

Demikianlah tulisan ini dibuat. Semoga setelah membaca tulisan ini, para orang tua bisa lebih bijak dalam memberikan Hp pada anak. Karena tentunya semua orang tua menyayangi anak-anaknya. Nah, salah satu bentuk kasih sayang orang tua kepada anaknya adalah dengan mengendalikan hal-hal yang bisa memberikan bahaya pada anak mereka. Salah satunya adalah dengan mengontrol penggunaan Hp seorang anak. Karena tentunya ada bahaya yang mengancam dibalik radiasi yang dipancarkan oleh Hp.

Mencegah Dampak Radiasi Hp

Pada panel diskusi yang diselenggarakan WHO disimpulkan bahwa telepon seluler atau hp ini bersifat karsinogenik. Sehingga dibutuhkan strategi dan edukasi untuk mencegah bahaya radiasi Hp bagi kesehatan manusia terutama untuk anak-anak. Berikut beberapa cara pencegahan yang dapat dilakukan:

Setting ke Mode Pesawat

Ketika Hp tidak dipakai, jangan lupa untuk mengubah mode jaringan menjadi flight mode (mode pesawat), yang akan mematikan transmitter-nya namun masih memungkinkan Anda untuk menggunakan Hp untuk main game atau mendengarkan musik, serta membuka aplikasi lain kecuali menelepon dan browsing internet.

Mengurangi Penggunaan Smartphone

Perangkat smartphone seperti Android atau iPhone menghasilkan emisi yang lebih tinggi dibanding dengan Hp biasa. Smartphone lebih banyak menggunakan energi dari baterai untuk melakukan aktivitas e-mail, koneksi internet, dan men-display warna. Mengurangi pemakaian smartphone merupakan langkah bijak untuk mencegah dampak dari radiasi Hp.

Menggunakan Stiker Anti Radiasi

Gunakan Sticker Anti Radiasi hp agar radiasi yang dipancarkan ketika Smartphone digunakan dapat diperkecil . Stiker anti radiasi sudah banyak dijual dipasaran dan dirancang khusus untuk mengendalikan radiasi hp supaya tidak berbahaya lagi bagi jaringan otak dan tubuh secara keseluruhan. Bila anda membutuhkan stiker anti radiasi silahkan KLIK DISINI untuk pemesanan.

Artikel Terkait

Cara Ampuh Menghilangkan Kapalan Di Tangan

Ciri-ciri Alergi Bulu Kucing dan Penanganannya

Bahaya Radiasi Hp Pada Bayi Yang Wajib Diwaspadai

Sharing is Caring!

Facebook & Twitter

Pinterest

Tentang Penulis

Artikel Direview Oleh Dr. Nur khairi, S.si, M.si, Apt

Artikel ini telah di review oleh Dr. Nur khairi, S.si, M.si, Apt (atau akrab disapa Ibu Nur) Seorang dosen perguruan tinggi Farmasi, aktif menulis di DOKTERKU.co.id

Beliau juga mengelola beberapa website seperti : DuniaDiet.com, PasanganBahagia.com & PanduanJerawat.com.

Nurlailah Yahya

Personal Blog: www.ilayahya.com || Instagram: @ilayahya_ || Facebook : Ila Yahya || Youtube: ILA YAHYA || Twitter: @ilayahya_

3 thoughts on “4 Bahaya Radiasi Hp Pada Anak Yang Orang Tua Wajib Ketahui”

  1. Pingback: 7 Ciri-ciri Alergi Bulu Kucing dan Penanganannya » Galeri Barang Murah

  2. Pingback: 5 Bahaya Radiasi Hp Pada Bayi Yang Wajib Diwaspadai

  3. Pingback: 7 Cara Ampuh Menghilangkan Kapalan Di Tangan » Galeri Barang Murah

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Ya, Chat Sekarang
Chat dengan CS
Halo, Mau Chat dengan CS?