Bebas Gerah di Manapun Dengan Kipas Portable

Pernah gak sih kalian merasakan kegerahan yang tak tertahankan? Apalagi di cuaca yang seperti sekarang ini, yang panasnya gak nanggung-nanggung. Bayangkan jika di dunia ini tidak ada yang namanya kipas angin. Oh, pastinya akan sangat menyulitkan. Apalagi saat ini cuaca panasnya tak menentu. Kalau kalian perhatikan, zaman makin maju yah. Yang dulunya kipas hanya bisa berada di rumah, kini bisa dalam genggaman. Pernah lihat seseorang yang ke mana-mana suka bawa kipas kecil? Yuppzz, itu namanya kipas portable. Ini adalah kipas kecil yang menjadi penyelamat bagi siapa saja yang selalu merasa gerah bila ke mana-mana.

Mungkin Kalian adalah seorang pelajar atau mahasiswa yang selalu merasa kepanasan di kelas? Atau kalian seorang public figure yang punya jadwal yang padat? Atau mungkin kalian adalah pegawai kantoran yang ruang kerjanya panas pake banget? Nah, berarti kalian membutuhkan sebuah kipas ukuran kecil yang bisa dibawa ke mana-mana. Atau dengan kata lain, sudah saatnya kalian memelihara kipas portable di tas kalian.

Sebelum kemunculan kipas portable, kipas angin memiliki perkembangan yang signifikan dari waktu ke waktu. Sebelum adanya kipas portable, kita hanya mengenal kipas yang diletakkan di lantai (ada yang pendek dan ada yang tinggi). Kemudian muncul kipas gantung, lalu kipas dinding, dan selanjutnya kipas portable.

Seperti yang kita ketahui, kipas angin sangat berfungsi untuk menyejukkan udara. Dan pastinya kipas angin sendiri sangat laris di negara kita ini mengingat iklimnya yang tropis. Lalu seperti apa sih jenis-jenis kipas yang ada saat ini? Dan seperti apa kipas yang sebaiknya di miliki? Yuk simak jenis-jenis kipas berikut ini.

Jenis-Jenis Kipas Angin

Perkembangan kipas saat ini makin bervariasi, baik itu dari segi ukuran, bentuk, harga, dan tingkat kekencangan anginnya. Selain itu, Jenis kipas saat ini pun makin bervariasi. Ada yang duduk dan berdiri di lantai, ada yang menempel di tembok, dan ada yang bisa dibawa ke mana-mana.

1. Kipas Angin Duduk

Di awal-awal kemunculannya, jenis kipas duduk adalah yang paling populer kaena kipas ini diletakkan di lantai namun ukurannya pendek. Sebelum kemunculan berbagai jenis kipas angin lainnya, jenis kipas duduk adalah yang paling banyak digunakan. Kipas ini hanya diletakkan di lantai dan dia akan berputar ke kanan dan kekiri.

Namun sayangnya, jenis kipas ini memiliki kekurangan, yaitu tidak dapat menjangkau segala sudut atau penjuru karena keterbatasan perputarannya. Kipas ini hanya menggeleng ke kana dan ke kiri namun tidak dapat menjangkau sudut yang paling atas. Walau demikian, saat ini masih banyak yang menggunakan kipas duduk ini karena harganya yang sangat terjangkau. Jenis kipas duduk ini sebaiknya digunakan atau diletakkan di ruang tamu, atau bisa juga diletakkan ruang keluarga (ruang tengah).

2. Kipas Angin Berdiri

Sama-sama diletakkan di lantai, jenis kipas ini juga tak kalah populer di kalangan masyarakat. Kipas angin berdiri ini memiliki ketinggian kurang lebih 1 meter dan harganya pun biasanya lebih mahal dari kipas angin duduk. Kipas jenis ini lebih efektif untuk menjangkau spot-spot yang tidak dijangkau oleh kipas angin duduk.

Selain itu, bila dulunya kipas angin berdiri cara kerjanya sama dengan kipas duduk yaitu hanya mengeluarkan hembusan angin biasa, maka karena perindustrian makin berinovasi, kipas angin ini ada yang memiliki jenis bisa mengeluarkan angin yang lebih sejuk. Ini dikarenakan kipas angin berdiri ini dilengkapi fitur peniup uap air sehingga udara yang dihembuskan jauh lebih sejuk. Cara kerjanya pun simpe, kita hanya perlu mengisikan air pada wadah yang telah tersedia pada kipas angin dan menekan tombol untuk mengganti mode. Maka setelah itu, kipas angin akan mengeluarkan angin yang lebih sejuk.

Sama seperti kipas duduk, jenis kipas ini biasanya diletakkan di ruang tamu atau ruang keluarga karena ukurannya yang lebih makan tempat.

3. Kipas Angin Meja

Jenis kipas angin ini beda-beda tipis dengan kipas duduk. Hanya saja bedanya ada pada penempatannya. Bila kipas angin duduk biasanya diletakkan di lantai, maka kipas angin meja ini diletakkan di atas meja dan ukurannya pun lebih kecil dari kipas angin duduk.

Namun karena ukurannya yang terbilang lebih kecil dari kipas angin duduk, maka hembusan anginnya pun terbilang tidak begitu kencang. Umumnya kipas jenis ini memiliki leher yang pendek dan kaki yang lebar untuk menopang badan kipas yanag biasanya diletakkan di atas meja. Selain itu, kipas angin meja ini harganya lebih murah dari kipas-kipas sejenis kakaknya.

Kipas angin meja biasanya diletakkan di meja belajar. Jadi ketika hendak mengerjakan sesuatu di meja belajar atau meja kerja, akan lebih memudahkan penggunanya untuk menjangkau kipas jenis ini.

4. Kipas Angin Tembok

Ini adalah salah satu kipas angin yang terbilang cukup kencang hembusan anginnya. Bila Kalian pernah melihat kipas angin yang menempel di tembok maka itulah yang dinamakan kipas angin tembok atau kipas angin dinding.

Namun, jenis kipas tembok ini ada 2 jenis. Ada yang berbahan plastik dan ada yang berbahan besi. Biasanya yang terbuat dari plastik ini ukurannya lebih kecil dari yang terbuat dari besi. Dan hembusan anginnya pun standar. Sedangkan kipas angin tembok yang terbuat dari besi memiliki hembusan angin yang sangat kencang. Biasanya akan ada tulisan “tornado wall fan” pada kipas angin tembok yang terbuat dari besi. Dari segi harga, kipas angin dinding yang terbuat dari besi memiliki harga yang cenderung lebih mahal dibanding lainnya.

Nah, kalau kipas angin yang satu ini biasanya diletakkan di kamar. Atau seringkali kita temukan kipas jenis ini berada di kantor-kantor maupun rumah sakit. Kipas jenis ini juga banyak ditemukan di rumah makan maupun sekolah atau kampus.

5. Kipas Angin Gantung

Jenis kipas ini juga telah lama ada keberadaannya. Jika kalian memperhatikan orang-orang kaya pada jaman dulu, biasanya di rumah-rumah mereka dipasangi kipas gantung ini. Biasa di pasang di ruang tamu tepat di atas kursi / sofa yang ada di ruang tamu atau biasanya diletakkan tepat di atas meja makan. Kipas jenis ini juga banyak dipasang di masjid-masjid yang belum memiliki AC.

Namun makin ke sini, jenis kipas angin gantung memiliki bentuk visual yang semakin menarik. Dan hembusan angin yang dikeluarkan tak dapat dianggap remeh karena bisa menjangkau seluruh yang ada di bawahnya. Selain itu, karena inovasi makin berkembang, kipas angin gantung ini juga biasanya ditambahi dengan aksesoris lampu gantung di tengah-tengah kipas. Jadi ini tentunya akan menambah nilai estetika pada ruangan.

Untuk kipas angin gantung, biasanya akan kita temui di masjid-masjid. Selain itu, kipas angin gantung ini juga dipasang di ruang tamu maupun ruang makan sebagai aksesoris ruangan untuk menambah keindahan ruangan itu sendiri.

6. Kipas Angin Multi Fungsi

Namanya juga kipas angin multi fungsi. Tentunya dari segi peletakan, kipas angin yang satu ini bisa diletakkan di lantai, meja, maupun dinding. Jadi yah, tergantung kondisi ingin diletakkan di mana. Dan angin yang dihembuskan pun cukup kencang. Dari segi harga, karena dia termasuk multi fungsi yang bisa diletakkan di lantai, meja, maupun dinding, maka harganya pun relatih lebih mahal.

Nah, untuk kipas angin yang satu ini, biasanya ditemukan di kantor-kantor maupun rumah makan. Namun banyak juga yang memasang kipas jenis ini di kamar pribadinya.

7. Exhaust Fan

Kipas jenis ini disebut juga sebagai kipas angin dua arah putaran. Kipas ini bentuknya segi empat dan biasanya diletakkan di dinding kamar mandi maupun dapur. Jadi cara kerjanya adalah dia mengeluarkan udara dari dalam ke luar dan begitupun sebaliknya. Kipas ini berfungsi untuk menjaga suhu ruangan agar tetap stabil. Selain itu, jenis kipas yang satu ini juga telah dibuat dalam bentuk ukuran simple yang dapat digunakan untuk mendinginkan komputer, laptop dan perangkat elektronik lainnya.

8. Kipas Tangan

Salah satu jenis kipas yang telah ada sejak zaman dulu. Biasanya kipas tangan ini banyak digunakan oleh penjual-penjual sate atau orang-orang yang hendak memasak dengan membuat bara api. Namun zaman makin bergeser, jenis kipas yang satu ini biasanya digunakan oleh-ibu-ibu yang bepergian ke acara-acara seperti pesta pernikahan dan acara lainnya. Bentuknya yang kecil dan bisa dibawa ke mana-mana membuat jenis kipas ini laris di kalangan wanita-wanita.

Selain itu, kipas tangan ini juga biasanya digunakan sebagai souvenir pernikahan. Harganya yang sangat terjangkau dan sangat menarik serta sangat berguna membuat kipas tangan ini banyak dijadikan sebagai kenang-kenangan dari pemilik resepsi pernikahan. Selain itu, kipas tangan ini juga harganya sangat-sangat terjangkau alias tidak mahal di pasaran.

9. Kipas Angin Tanpa Baling-Baling

Dunia perkipasanginan sangat berkembang. Setelah beberapa jenis kipas angin yang telah disebutkan di atas, ternyata ada lagi kipas angin yang lebih canggih, kipas angin tanpa baling-baling. Mungkin sebagian dari kita akan bertanya-tanya tentang bagaimana cara kerja dari kipas angin jenis ini.

Jadi, jenis kipas angin yang satu ini menggunakan sistem kompresi yang tentunya tanpa baling-baling. Kipas angin ini sangat aman digunakan bagi yang memiliki balita atau anak kecil. Yupz, ini sangat aman dibanding jenis kipas angin duduk, lantai maupun meja.

10. Air Conditioner

Inovasi lain dari kipas angin adalah air conditioner ini. Dan jenis kipas angin ini sangat banyak peminatnya karena benar-benar membuat udara jadi dingin. Dan suhunya pun bisa diatur. Namun dibandingkan dengan kipas angin lainnya, jenis ini jauh lebih banyak memakan watt listrik.

Air conditioner atau yang lebih dikenal dengan sebutan AC ini menempel di dinding dengan tabung pembuangan berada di luar rumah. Namun saat ini telah ada yang namanya AC portable. Jadi, AC tak melulu ada di dinding melainkan juga bisa didudukkan di lantai. Dan ini ukurannya ada yang sedang dan ada yang ukurannya besar.

AC telah menjadi pilihan bagi mereka yang menginginkan suhu ruangan yang dingin. Tak heran bila AC ini banyak digunakan di kantor-kantor, rumah makan, pusat perbelanjaan maupun rumah-rumah.

11. Kipas Portable

Zaman terus berkembang termasuk dalam perkembangan kipas angin. Yang dulunya kipas hanya di simpan di lantai, kemudian berkembang bisa ditempelkan di plafon dan dinding, kini muncul lagi  kipas kecil yang bisa di bawa ke mana-mana tanpa sambungan atau colokan listrik. Yuuppzz, kipas itu adalah kipas portable. Sebuah kipas yang ukurannya minimalis dan bisa di bawa ke mana-mana tanpa harus dicolok ke listrik. Kipas ini biasanya menggunakan baterai atau sambungan atau colokan ke power bank.

Selain itu, kipas portable ini juga memiliki bentuk yang bervariasi. Ada yang bisa diletakkan di atas meja, ada yang harus di pegang, ada yang tidak membutuhkan baterai dan colokan ke power bank melainkan harus memencet tombol agar baling-balingnya dapat berputar, dan ada pula yang diletakkan di leher tanpa harus dipegang.

Dan tentunya kipas portable inilah yang paling laris di semua kalangan. Baik itu pelajar / mahasiswa, pekerja kantoran, ibu rumah tangga hingga artis banyak yang menggunakan kipas portable ini. Bahkan ada banyak orang yang menyebutkan bahwa kipas portable adalah salah satu barang yang wajib ada di tas mereka.

Kelebihan Menggunakan Kipas Portable

Banyak yang menjadikan kipas portable sebagai benda penyelamat di kala kepanasan.  Apalagi bila cuaca panas, AC kurang dingin, tidak ada kipas angin, bahkan hingga listrik mati. Tentunya situasi-situasi seperti ini akan sangat menyebalkan. Apalagi untuk wanita yang habis full make up, tentunya tak ingin jjika make up nya luntur karena keringat yang disebabkan cuaca panas. Nah, di saat-saat seperti inilah kipas portable menjadi pahlawan.

Kipas portable sendiri memiliki banyak kelebihan dibanding jenis kipas lainnya. Apa saja kelebihan kipas portable?

Mudah dibawa ke mana-mana

Poin penting dari kipas portable adalah bentuknya yang mini yang mudah dibawa ke mana-mana. Kipas ini sangat tidak makan tempat ketika di masukkan ke tas. Itulah mengapa banyak wanita yang menjadikan kipas portable sebagai salah satu barang yang wajib ada di dalam tas saat bepergian. Apalagi di kala macet, ataupun berada di situasi yang sangat bikin gerah, maka kipas portable ini adalah sebuah solusi untuk mereka.

Tidak membutuhkan listrik

Selanjutnya, kelebihan kipas portable dibanding jenis kipas lainnya adalah karena tidak membutuhkan listrik saat digunakan. Kipas portable ini biasanya menggunakan baterai ataupun powerbank atau bahkan tidak membutuhkan keduanya, hanya perlu memencet tomol yang ada pada kipas portable maka anginnya akan keluar.

Harga relatif lebih murah

Dibandingkan dengan jenis kipas lainnya, kipas portable bisa dibilang harganya lebih murah. Selain itu, kipas portable sangat mudah dijangkau pembeliannya. Kipas portable banyak di jual bebas dengan harga dan bentuk yang beragam. Itulah mengapa kipas portable banyak difavoritkan.

Angin yang dihembuskan tak kalah menyejukkan dari kipas lainnya

Walaupun ukurannya kecil, kipas portable tidak bisa diragukan hembusan anginnya. Karena kipas portable ini juga tak kalah menyejukkan dari jenis kipas lainnya. Hanya saja, karena ukurannya yang kecil, maka kipas portable hanya menyejukkan atau mendinginkan area-area yang diarahkan ke kipas portable. Jadi misalnya kipas portable di arahkan ke muka, maka yang terasa sejuk hanyalah pada area muka saja. Ini dikarenakan keterbatasan ukuran dari kipas portable. Namun walau demikian, kipas portable ini laris manis di pasaran.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Kipas Portable

Sebelum memutuskan untuk membeli kipas portable, ada baiknya ketahui terlebih dahulu jenis-jenis kipas portable yang ada saat ini seperti apa. Kemudian lihat dari kemudahan dalam menggunakannya. Selain itu, lihat dari cara pengisian dayanya. Selanjutnya pemilihan merk yang bagus, dan yang terpenting, sesuaikan dengan budget yang dimiliki.

Dari segi kemudahan dalam penggunaan, kipas portable ada banyak macamnya. Ada yang bisa diletakkan di meja dan ada yang harus terus digenggam. Selain itu, kipas portable juga ada yang hanya sekali pencet tombol kemudian berputar terus, dan ada pula yang harus dipencet terus agar anginnya keluar atau baling-balingnya terputar. Jadi kalian tentukan ingin yang seperti apa.

Kemudian dari segi pengisian daya-nya, ada kipas portable yang menggunakan baterai, ada yang menggunakan power bank dengan memiliki port USB dan ada pula yang harus dicharge dulu baru bisa digunakan. Ini sangat penting untuk menjadi pertimbangan kalian. Karena ini akan menyangkut mudah tidaknya kalian menggunakan kipas ini. Selain itu, ketahui berapa jam kipas tersebut bisa digunakan saat memakai baterai, port USB dan charge.

Hal yang harus diperhatikan selanjutnya adalah mengenai merk. Bila kalian membeli kipas portable secara langsung di toko, jangan lupa untuk mengetes terlebih dahulu barang tersebut. Kemudian bandingkan keunggulan antar merk sebelum menjatuhkan pilihan kepada merk apa yang akan dibeli.

Selanjutnya yang terpenting adalah harga. Kalian harus sesuaikan kipas yang kalian inginkan dan budget yang kalian miliki. Biasanya kipas portable dibanderol dengan harga puluhan ribu hingga 100 ribu lebih. Namun yang harus kalian ingat, ada harga ada kualitas. Di sini saya tidak menyuruh kalian membeli yang termahal. Namun kalian jangan terpancing dengan harga yang menurut kalian terlalu murah. Karena biasanya yang terlalu murah, masa penggunaannya juga tidak lama.

Jenis-Jenis Kipas Portable

Kipas Genggam

Salah satu kipas portable yang memiliki banyak penggemar adalah kipas portable dengan tipikal kipas genggam. Tentunya ini dikarenakan kipas genggam bisa digunakan di mana saja. Entah itu di dalam ruangan, angkutan umum maupun ketika sedang berdiri. Dari segi harga pun biasanya kipas genggam ini cenderung lebih murah dibanding yang lainnya.

Kekurangan dari kipas genggam ini kadang membuat tangan jadi pegal karena harus memegangnya terus saat digunakan. Kipas jenis ini tidak bisa dilepas begitu saja, kipas ini tidak bisa diletakkan di atas meja ketika hendak digunakan. Namun kalian bisa menggunakan kipas ini di manapun kalian berada karena ukurannya yang kecil dan ringan. Tak heran bila kipas ini biasanya menjadi barang wajib yang harus ada di dalam tas seseorang. Apalagi untuk kalian yang tak tahan panas dan selalu gerah, maka kipas jenis ini sangat pas untuk kalian miliki.

Desk Fan

Selanjutnya ada jenis kipas yang disimpan di meja ketika menggunakannya. Jenis kipas ini biasanya akan digunakan untuk mereka yang mengerjakan tugas di atas meja. Jenis kipas ini juga banyak digunakan oleh artis-artis saat berada di ruang tunggu sebelum nampil atau ketika menunggu giliran untuk shooting.

Ketika hendak membeli jenis kipas portable ini, maka sebaiknya pilih yang lebih berat agar bisa menjaga kestabilan saat diletakkan di atas meja. Yang bagus dari jenis kipas portable ini adalah tangan kita tidak pegal saat menggunakannya karena hanya diletakkan di atas meja ketika hendak digunakan. Dari segi harga pun bervariasi. Dari harga puluhan ribu bahkan sampai beberapa ratus ribu juga ada, tergantung merk dan tempat kalian belinya di mana.

Kipas Leher

Jenis kipas yang terakhir ini bisa dibilang jenis kipas portable yang kekinian. Kipas genggam dan kipas meja sudah umum digunakan oleh orang-orang. Namun untuk kipas leher ini, bisa dibilang mungkin ada yang baru mengetahui keberadaannya ketika membaca artikel ini.

Yah, tak dapat dipungkiri, inovasi akan terus ada dari waktu ke waktu. Termasuk dalam dunia perkipasanginan. Salah satu inovasi yang bisa dibilang sangat unik adalah keberadaan kipas leher ini. Kipas yang sangat memanjakan penggunanya ini tentunya akan sangat diminati oleh orang-orang khususnya kawula muda.

Kipas portable jenis ini sangat memudahkan bagi penggunanya, karena hanya di letakkan di leher dan arahkan kepala kipas ke wajah. Jadi tanpa harus dipegang, kipas ini dapat bekerja dengan semestinya. Jadi, seseorang yang menggunakan kipas ini bisa lebih fokus pada aktivitas lain yang dikerjakannya tanpa harus mempedulikan kipas portablenya.

Jenis kipas ini pun lebih fleksibel. Karena selain bisa diletakkan di leher, kipas ini juga bisa diletakkan di meja. Dan kepala kipasnya pun bisa diatur sesuka hati karena bisa diputar hingga 360o. Namun untuk jenis kipas yang satu ini mungkin masih langka dijual di toko-toko. Maka dari itu, untuk mendapatkan kipas ini, biasanya harus dibeli online.

Salah satu bentuk kipas portable yang sangat memanjakan penggunanya adalah kipas leher ini. Bagaimana tidak, kipas ini hanya perlu diletakkan di leher dan kipasnya akan mengarah ke wajah tanpa harus dipegang. Jadi penggunanya bisa lebih leluasa dalam mengerjakan hal lain tanpa harus diribetkan dengan memegang kipas portable ketika sedang kepanasan.

Kipas leher ini banyak digunakan oleh pekerja kantoran maupun yang beraktivitas outdoor. Kipas leher ini memiliki bentuk yang unik sehingga membuat penggunanya percaya diri menggunakan kipas jenis ini.

Kipas leher ini memiliki ukuran 29 x 19 cm dengan berat 168 gram. Jadi tidak akan terasa berat ketika diletakkan di leher. Selain itu, kipas leher ini tipikal harus di-charge dulu dengan estimasi waktu charge selama kurang lebih 4 jam. Dan masa pakainya bisa digunakan 4 sampai 12 jam setelah di-charge penuh.

Selain itu, peletakan kipas leher ini juga fleksibel. Selain bisa digunakan atau diletakkan di leher, kipas ini juga bisa diletakkan di atas meja. Bentuknya yang unik tak akan malu-maluin jika digunakan baik itu di dalam ruangan maupun di luar ruangan.

Bila diperhatikan, kipas ini hampir mirip bentuknya dengan headphone yang biasa diletakkan di leher saat penggunaannya. Dan yang bagusnya dari kipas leher ini, tingkat kekencangan anginnya bisa diatur mulai dari tingkat rendah, sedang hingga sangat kencang. Selain itu, sudut hembusan anginnya bisa disesuaikan karena gagang kepala kipasnya bisa diputar hingga 360o. Dan putaran kipasnya pun tidak berisik. Jadi benar-benar tidak akan mengganggu aktivitas.

Untuk pengisian daya, kipas leher ini seperti power bank. Jadi ketika dayanya lemah, bisa dicharge selama 4 jam. Bila baterai terisi penuh, maka lampu indikator akan berubah menjadi biru.

Kipas leher ini masih sangat langka. Oleh karena itu masih banyak orang yang belum atau bahkan tidak mengetahui tentang keberadaan kipas portable tipe ini. Namun kalian bisa mendapatkan kipas leher ini di sini.

Nurlailah Yahya

Personal Blog: www.ilayahya.com || Instagram: @ilayahya_ || Facebook : Ila Yahya || Youtube: ILA YAHYA || Twitter: @ilayahya_

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Ya, Chat Sekarang
Chat dengan CS
Halo, Mau Chat dengan CS?