7 Cara Ampuh Menghilangkan Kapalan Di Tangan

Kapalan atau bahasa kerennya callus merupakan penebalan atau pengerasan kulit akibat tekanan atau gesekan yang berlebihan. Jadi kapalan ini terbentuk sebagai reaksi tubuh kita untuk melindungi bagian kulit kita yang sensitif. Biasanya sih kapalan ini muncul di area-area yang terbuka seperti kaki, tumit, jari atau tangan. Dan ini sangat membuat penderitanya merasa tidak nyaman karena adanya kapalan ini yang bisa terlihat langsung oleh orang lain. Tak heran jika banyak orang-orang yang berlomba-lomba untuk searching di internet tentang cara menghilangkan kapalan di tangan.

Kapalan sendiri memiliki ukuran dan bentuk yang bermacam-macam, dan biasanya sangat jarang menimbulkan rasa nyeri bagi para penderitanya. Kapalan muncul ketika berat badan menekan menumpu secara berlebihan di salah satu area kaki. Ini jika kapalannya muncul di kaki. Untuk di tangan biasanya disebabkan karena seseorang sering melakukan pekerjaan yang berat dengan menggunakan tangan dan terlalu sering memainkan alat musik. Kapalan di tangan juga disebabkan karena kulit kering, serta berkurangnya lapisan lemak pada kulit tangan seseorang.

Gejala kapalan biasanya ditandai dengan kulit yang menebal dan kasar, kulit mengeras dan tumbuh benjolan, timbulnya rasa nyeri di area bawah kulit yang kapalan, kulit terkelupas, serta muncul cairan dan terasa sakit.

Sebenarnya kemunculan kapalan ini bisa dicegah. Beberapa cara yang bisa kalian terapkan untuk mencegah munculnya kapalan adalah dengan melindungi area telapak tangan maupun kaki. Caranya? Gunakan pelindung tangan dan kaki yang pas (tidak pas dan tidak kecil). Hindari pekerjaan yang berat-berat atau yang bertitik tumpu berat pada tangan.

Kapalan memang bisa dicegah, namun apabila kalian telah memiliki kapalan di area telapak tangan, maka cara-cara berikut ini sangat cocok kalian terapkan untuk menghilangkan kapalan yang ada di telapan tangan kalian.

Memotong Kulit yang Berlebih

Sebenarnya Kapalan ini bukanlah penyakit yang berbahaya. Hanya saja bisa menghilangkan kepercayaan diri seseorang. JIka kalian ke dokter ahli kulit, maka pengobatan yang dilakukan oleh dokter tersebut adalah dengan melakukan pemotongan pada area-area yang dihinggapi kapalan. Kulit tangan yang mengalami kapalan yang menebal dan mengeras akan dipotong atau dikikis agar tekanan pada jaringan di bawah kulit menurun.

Menghilangkan Kapalan Tangan Dengan Salep atau Krim

Setelah memotong area yang terdapat kapalan tersebut, biasanya untuk perawatan lanjutan, akan disarankan menggunakan salep atau krim yang dioleskan ke bagian kapalan tersebut. Gunakan salep atau krim yang mengandung asam salisilat. Tapi bagi kalian yang memiliki riwayat penyakit diabetes tidak disarankan menggunakan salep atau krim yang mengandung asam salisilat, karena dapat memicu infeksi dan mengiritasi kulit.

Menggunakan Alat Bantu Pengaman Diri Saat Beraktivitas

Produk pembersih pasti diperlukan di setiap rumah tangga demi menjaga rumah bersih bebas kuman, entah itu berupa detergen, sabun cuci piring, atau pembersih lantai. tapi tahukah anda bahwa produk-produk tersebut dapat membuat iritasi pada kulit tanga anda..? untuk menghindari hal tersebut gunakanlah Sarung tangan yang terbuat dari material silikon untuk menjaga tangan Anda dari kapalan. Gunakan Sarung tangan yang tidak mudah melekat dengan minyak dan gampang untuk dicuci agar terbebas dari kuman dan bakteri.

Sarung tangan karet yang terbuat dari material silikon anti alergi dapat melidungi kulit tangan anda dari kapalan dan iritasi akibat cairan pembersih. Klik disini untuk informasi selengkapnya.

Menggunakan Produk Perawatan Tangan

Jangan lupa untuk menggunakan produk perawatan khusus tangan. Di mall-mall bahkan toko kosmetik atau toko-toko yang menjual produk perawatan diri banyak menyediakan produk perawatan tangan, mulai dari krim hingga masker tangan. Jadi jangan kira hanya muka yang ada maskernya. Tangan dan kaki pun memiliki masker khusus. Dan usahakan penggunaan produk perawatan tangan ini rutin, jangan bolong-bolong agar khasiatnya juga maksimal.

Bahan-Bahan Alami Sebagai Pengobatan Menghilangkan Kapalan Tangan

Selain cara-cara di atas, kalian bisa melakukan beberapa hal ini yang bisa dibilag merupakan cara alami dalam mengatasi kapalan. Apa saja itu?

Gunakan air hangat

Cara ini direkomendasikan oleh American Academy of Dermatology. Yang harus kalian lakukan adalah dengan merendam area yang mengalami kapalan dengan air hangat selama 20 menit.Cara ini bisa dibilang sangat simple sehingga banyak orang yang melakukan cara ini.

Gunakan Cuka Sari Apel

Bisa dibilang cara ini juga cukup simple. Kalian hanya perlu mencampurkan Air dan cuka sari apel secukupnya. Setelah itu, rendam tangan selama 20 menit. Rasakan relaksasinya. Setelah itu, Kalian bisa mengelupas sel-sel kulit matinya. Kandungan asam dalam cuka sari apel dapat melembutkan kulit yang keras karena kapalan.

Gunakan Batu Apung

Orang-orang zaman dulu telah menggunakan batu apung ini dalam menghilangkan kapalan. Cara ini sangatlah tradisional. Batu apung yang memiliki pori-pori yang ringan dipercaya efektif dalam mengelupas kapalan atau sel-sel kulit mati. Batu apung ini juga biasanya digunakan untuk menghilangkan daki ketika mandi. Oh iya, untuk hasil yang maksimal, sebelum menggunakan batu apung sebagai penghilang kapalan, sebaiknya kalian rendam dulu area yang memiliki kapalan dengan air hangat selama 10 menit, baru setelah itu gosok perlahan dengan batu apung.

Gunakan Garam Epsom

Garam yang satu ini banyak digunakan sebagai eksfoliator. Perawatan menggunakan Garam Epsom dapat membuat tubuh jadi rileks, dan melemaskan otot yang kaku karena aktivitas seharian. Garam Epsom juga bisa mengatasi kapalan loooh. Caranya? Campurkan tiga sendok makan garam epsom ke dalam baskom yang berisi air hangat, kemudian rendam tangan yang memiliki kapalan. Lakukan ini secara rutin, maka hasilnya akan terlihat.

Gunakan Tea Tree Oil

Bahan yang satu ini dipercaya mengandung komponen anti jamur, anti bakteri dan anti septik alami. Tak heran jika Tea Tree Oil memiliki segudang manfaat, salah satunya adalah untuk mengatasi kapalan. Caranya? Campurkan beberapa tetes tea tree oil ke dalam satu baskom air hangat, kemudian rendam tangan selama 15 menit hingga kapalan yang kasar dan tebal menjadi lunak.

Gunakan Campuran Cengkeh dan Lemon

Sebuah situs kesehatan Health Me Up memberitahukan bahwa perpaduan cengkeh dan lemon adalah cara yang ampuh dalam menghilangkan kapalan. Campurkan air lemon dan cengkeh selama 15 menit, diamkan. Selanjutnya, oleskan ramuan yang tadi pada kulit yang kapalan. Rutinlah menggunakan ini. Kalian bisa mengoleskan ramuan ini beberapa kali dalam sehari agar hasilnya lebih cepat terlihat.

campuran cengkeh dan lemon untuk menghilangkan kapalan pada tangan
Campuran Cengkeh & Lemon via SindoNews

Gunakan Bawang Putih dan Cuka

Selain beberapa ramuan di atas, kalian juga bisa mencoba ramuan yang satu ini. Kalian bisa mencampurkan bawang putih dan cuka setelah itu simpan di bawah sinar matahari. Gunakan ramuan ini sebelum tidur ke kulit tangan kalian yang terdapat kapalan. Gunakan secara rutin, maka lihatlah hasilnya.

Menghilangkan Kapalan Tangan Dengan Operasi

Bila ingin melakukan jalan pintas yang instant, Kalian bisa melakukan operasi untuk menghilangkan kapalan tersebut. Ketika kalian ke dokter kulit, tidak menutup kemungkinan jika dokter akan merekomendasikan untuk menjalani operasi untuk menghilangkan kapalan di tangan kalian. Operasi ini bukan hanya untuk menghilangkan kapan tersebut, melainkan untuk memperbaiki kelainan fisik tubuh yang kalian miliki misalnya tulang agar kembali normal dan tidak memicu timbulnya kapalan di selanjutnya.

Gimana? Sudah tahu kan cara mengatasi kapalan pada tangan? Cara-cara ini juga berlaku untuk kaki yah jika kapalan kalian terletak di kaki. Jadi kalian tak perlu risau jika memiliki kapalan pada tangan maupun kaki. Kalian bisa menggunakan cara-cara di atas untuk menghilangkan kapalan yang kalian miliki.

Mencegah Lebih Baik Daripada Mengobati

Untuk mencegah agar kapalan di tangan tidak muncul lagi, yaitu dengan mengurangi pemicunya. Salah satu pemicu utamanya yaitu Gesekan, walaupun tidak bisa sepenuhnya dihindari, Anda bisa melindungi kulit tangan dari gesekan saat Mencuci piring atau kendaraan dengan menggunakan sarung tangan yang memadai. Anda juga perlu melepaskan aksesori tangan seperti cicin yang dapat memicu gesekan saat beraktivitas. Lakukan teknik olahraga yang benar agar mencegah gesekan berlebihan antara alat dan tangan. Saat jeda istirahat, pijatlah dengan lembut kulit tangan Anda agar sirkulasi darah kembali lancar.

Sarung tangan karet yang terbuat dari material silikon anti alergi dapat melidungi kulit tangan anda dari kapalan dan iritasi akibat cairan pembersih. Klik disini Untuk Pemesanan

Artikel Terkait

Ciri-ciri Alergi Bulu Kucing dan Penanganannya

Bahaya Radiasi Hp Pada Anak Yang Orang Tua Wajib Ketahui

Bahaya Radiasi Hp Pada Bayi Yang Wajib Diwaspadai

Share di Sosial Media

Bantu kami untuk menuliskan tips dan artikel dengan share ke sosial media.

Facebook & Twitter

Cara Menghilangkan Kapalan Di Tangan

Pinterest

Tentang Penulis

Di Review Oleh dr. Isman Sandira, S.Ked, M.Biomed

Artikel ini telah di review oleh dr. Isman Sandira, S.Ked M.Biomed, seorang dokter lulusan Universitas Hasanuddin dan merupakan penulis di situs kesehatan dokterku.co.id & KlikDokter

Terhubung dengan dokter Isman melalui Facebook

Nurlailah Yahya

Personal Blog: www.ilayahya.com || Instagram: @ilayahya_ || Facebook : Ila Yahya || Youtube: ILA YAHYA || Twitter: @ilayahya_

3 thoughts on “7 Cara Ampuh Menghilangkan Kapalan Di Tangan”

  1. Pingback: 7 Ciri-ciri Alergi Bulu Kucing dan Penanganannya » Galeri Barang Murah

  2. Pingback: 4 Bahaya Radiasi Hp Pada Anak Yang Orang Tua Wajib Ketahui

  3. Pingback: 5 Bahaya Radiasi Hp Pada Bayi Yang Wajib Diwaspadai

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Ya, Chat Sekarang
Chat dengan CS
Halo, Mau Chat dengan CS?